SFWarungKopi

American Indonesian Blog

Pasukan Anti Teror: Densus 88 dan USMC Special Reaction Team

http://www.indonesiamedia.com/2008/10/mid/local/Profiles.html?p=30 bersama-densus-88-di-golden-gate-bridge2 adlsized1 arn2nofriarn

Bersama Densus 88 di San Francisco.

densus-88-bersama-international-swat-team2img_0484img_0482-250x187copy-of-img_0477-120x120densus-88-bersama-international-swat-teamfoto-bersama-us-swat-team-di-new-mexicoimg_0480img_0483 4-densus-88-120x120 img_0488img_0485 img_0489img_0492img_0493img_0494

Ancaman bahaya terorism telah membuat dunia lebih waspada, sebagai civilized nation dalam upaya memperjuangkan asas demokrasi sudah selayaknya kita semua mendukung aparat keamanan Polisi baik di Amerika maupun di Indonesia.  Persepsi POLRI di Indonesia sekarang ini sudah dapat diterima, namun hukum dan kewibawaan dari setiap aparat tetap harus ditingkatkan yang tentunya tidak lepas sebagai cermin bersama antara kebudayaan bangsa dan negara.

indonesia043saindonesia024hm

Menerima usull dari Pak Tony Lolong ketua BOSAMI, pagi ini kita melakukan Community Service sebagai Tour Guide menemani ke empat perwira muda Indonesia anggota Densus 88, untuk keliling kota San Francisco mengunjungi Golden Gate Bridge, Fisherman Wharf, tak disangka Pak Tony bernostalgik dengan kedatangan Santa Claus pada bulan September dengan baik hati berkata silahkan pilih dan beli 7 T-shirts kenang-kenangan  di Fisherman Wharf untuk 4 anggota Densus 88, dan semua biaya ditanggung olehnya :-]]]].

Anggota DENSUS 88 baru saja selesai mengunjungi SWAT Team Konferensi di Albuquerque, New Mexico. Dengan sangat rendah hati perwira-perwira muda ini mengakui bahwa Polisi, dan Swat Team di US lebih modern dari Team Densus 88 yang baru saja dibentuk, terutama dalam peralatan Hi-Tech, dan persenjataan non lethal yang sangat modern.

DENSUS 88 adalah satuan khusus Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk penanggulangan teroris di Indonesia. Pasukan khusus berompi merah ini dilatih khusus untuk menangani segala ancaman teror, termasuk teror bom. Beberapa anggota juga merupakan anggota tim Gegana. Detasemen 88 dirancang sebagai unit antiteroris yang memiliki kemampuan mengatasi gangguan teroris mulai dari ancaman bom hingga penyanderaan.

Unit khusus berkekuatan 400 personel ini terdiri dari ahli investigasi, ahli bahan peledak (penjinak bom), dan unit pemukul yang di dalamnya terdapat ahli penembak jitu Pembentukan Satuan ini diresmikan oleh Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Firman Gani pada tanggal 26 Agustus 2004.

Detasemen 88 yang awalnya beranggotakan 75 orang ini dipimpin oleh Ajun Komisaris Besar Polisi Tito Karnavian yang pernah mendapat pelatihan di beberapa negara. Arti angka 88 pada tulisan Detasemen Khusus 88 ini menyerupai dua buah borgol. Angka 88 merupakan representasi dari korban peristiwa bom Bali pada tahun 2002 dari warga asing yang mengalami korban terbanyak yaitu Australia.

Makna “88″ berikutnya adalah, angka “88″ tidak terputus dan terus menyambung. Ini artinya bahwa pekerjaan Detasemen 88 Antiteror ini terus berlangsung dan tidak kenal berhenti. Angka “88″ juga menyerupai borgol yang maknanya polisi serius menangani kasus ini. Pasukan khusus ini dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat melalui bagian Jasa Keamanan Diplomatik (Diplomatic Security Service) Departemen Negara AS dan dilatih langsung oleh instruktur dari CIA, FBI, dan U.S. Secret Service.

Kebanyakan staff pengajarnya adalah bekas anggota pasukan khusus AS.  Pusat pelatihannya terletak di Megamendung, 50 kilometer selatan kota Jakarta. Persenjataan Satuan pasukan khusus baru Polri ini dilengkapi dengan persenjataan dan kendaraan tempur buatan Amerika, seperti senapan serbu Colt M4, senapan penembak jitu Armalite AR-10, dan shotgun Remington 870. Bahkan dikabarkan satuan ini akan memiliki pesawat C-130 Hercules sendiri untuk meningkatkan mobilitasnya. Semua persenjataan yang diberikan, termasuk materi latihan, diberitakan sama persis dengan apa yang dimiliki oleh satuan khusus antiteroris AS.

Operasi yang diketahui:

9 November  2005 - Detasemen 88 Mabes Polri menyerbu kediaman buronan teroris Dr. Azahari di Kota Batu, Jawa Timur Indonesia dan Malaysia tersebut. yang menyebabkan tewasnya buronan nomor satu di Asia.

2 Januari 2007 - Detasemen 88 terlibat dalam operasi penangkapan 19 dari 29 orang warga Poso yang masuk dalam daftar pencarian orang di Kecamatan Poso Kota. Tembak-menembak antar polisi dan warga pada peristiwa tersebut menewaskan seorang polisi dan sembilan warga sipil.

9 Juni 2007 - Yusron al Mahfud, tersangka jaringan teroris kelompok Abu Dujana, ditangkap di desa Kebarongan, Kemrajan.

US Marines Special Reaction Team:

Setiap US Marines dan US Navy instalasi umumnya memiliki Security Forces dan Special Reaction Team (SRT).

srt1

Pada Asian komunitas terutama Philipine American menjadi anggota US Military adalah hal yang sangat membanggakan, bahkan dalam hari raya kemerdekaan America mereka terbiasa merayakan dengan Honor Color Guard diwakili dari  anggota-anggota American Philipine yang berada didalam US Military Forces, membawa bendera Amerika dan Philipine bersama.

Mungkin didalam komunitas Indonesia masih memerlukan beberapa generasi untuk mencapai kegiatan diatas.  Pada umumnya komunitas Indonesia di Amerika kurang mengerti status US Marines, sebagai “tip of the spear” dari politik luar negeri Amerika, bahkan NCO dan Staff NCO bila memiliki jabatan sebagai pelatih dari rank Corporal sampai Sersan di USMC seringkali ditugaskan melatih para Sheriff, Police SWAT Team, FBI Recruits, dan juga  IMETS (International Military Exchange Training Students di US) seperti perwira-perwira tinggi dari Amerika Latin dan juga South East Asia, maupun Indonesia didalam Urban Combat dan terutama dilapangan dalam kursus basic Sniper.

Menurut USMC SSgt Salomon dari San Leandro Bay Fair Mall Recruiter Station(California) yang pernah singgah di Indonesia adalah veteran dari East Timor dan Tsunami Aceh Humanitarian Rescue team,  yang baru saja kembali selesai bertugas di Afghanistan dan Iraq baru-baru ini.  Bahwa USMC Special Reaction Team dan FAST Company adalah elemen dari USMC Security Forces, SRT dibentuk tahun 1987 dan FAST Company (Fleet Anti Terrorist Security Team), dibentuk baru-baru ini setelah terjadinya 911, unit terakhir ini dapat dikerahkan dari kapal induk untuk memberikan bantuan dan Rescue Operations menuju setiap US Embassy dari ancaman teroris,  sedangkan kami waktu itu dalam masa damai bertugas sebagai Security Forces umumnya bertugas lokal di Camp Foster, Okinawa, Jepang.

Walaupun umumnya unit ini memang dilatih oleh US Secret Service Agents dan badan-badan intelijen lainnya (di Indonesia semua yang berhubungan dengan misi dari pasukan seperti ini dijadikan politikal isue, seperti halnya Densus 88 oleh kaum fundamentalis yang pro Islam radikalism dan sangat anti US Ideology) khususnya dalam melakukan counter terror dan perlindungan untuk Komandan Jenderal didalam military base, selain senjata pokok, hand gun, non deadly weapons kamipun praktis dengan bermacam ragam senjata favorites dari pihak teroris: AK-47, UZI, dll.

srt2Misi, goal dan komposisi USMC SRT hampir bersamaan dengan Indonesia Densus 88, Polisi SWAT Team. untuk menghadapi reaksi terhadap situasi bermacam-macam seperti hostage rescue, aksi counter-sniper, atau VIP security protections dan juga counter terorism. Combat Center’s Special Response Team, bertanggung jawab untuk pelatihan counterterrorist and hostage rescue di 29 Palms US Marine Base, dikenal sebagai Combat Center.  Mereka dikepalai oleh Combat Center’s Provost Marshal’s Office.

USMC SRT  memberikan perlindungan kepada Komandan Jenderal dan mendukung Military Police sebagai reaksi team untuk segala situasi seperti menanggulangi kirisis teroris. Bila Military Police tidak dapat menghadapi dan menanggulangi situasi, mereka dapat memanggil USMC SRT, yang dapat memberikan seperti kemampuan Polisi SWAT. Anggota USMC SRT umumnya sehari-hari bertugas melakukan kerjaan utama mereka, kecuali di Quantico, VA, Camp Pendleton, CA, SRT adalah full-time. Combat Center’s SRT telah berkerja sama dengan Los Angeles Police Department, Palm Springs Police Department, dan San Bernardino Special Weapons dan Tactics team.

“Kami adalah S.W.A.T. team untuk US Marine Corps,” kata Staff Sgt. Steven Rowe, kepala regu, Special Reaction Team, Provost Marshal’s Office, Marine Corps Base Camp Pendleton, CA. Semoga artikel ini akan dapat memberikan informasi dan “career planning” bagi generasi muda selanjutnya baik di Indonesia dan di Amerika dalam upaya menghadapai dunia yang dipenuhi dengan kekerasan.srt3

Didalam negara Amerika dimana penduduk sipil memegang kuasa, setiap US Military Forces terutama dalam masa damai:  USMC SRT, Security Forces, FAST adalah limited defensive forces dengan jurisdiksi terbatas didalam US Military Bases, dan US Embassies, yang tidak dapat bertindak seperti US Police SWAT maupun Densus 88 untuk melakukan offensive forces yang digunakan melacak target dalam setiap waktu bila diperlukan.

Categories: Indonesian Politic - Military - Terrorism
ucok at 03:31 on 21 July 2009

VIVA Densus 88 AT Polri..!!

adrianus tumiwang at 21:06 on 26 July 2009

salut untukmu Polri ku … namamu harum Indonesia ku karena Densus 88 anti teror … Bravo burung hantu … bravo densus 88 anti teror

aldy at 00:23 on 1 August 2009

bravo detasemenku.,, burung hantu ,, is the best

dadang at 08:09 on 8 August 2009

salutt densus 88..JAYA SELALU

yudhi at 08:36 on 8 August 2009

Majulah teruss DENSUS 88 ! You are the Best.

Arnold at 10:25 on 8 August 2009

President Susilo Bambang Yudhoyono expressed his appreciation to the police on Saturday following their operations to arrest terrorist suspects in the past two days.

He expressed the appreciation at a press conference at the palace in response to the raids held in several places by the police with regard to catching terrorist suspects.

“On behalf of the state, the government and the people I thanked and gave my high appreciation to the police for their success in implementing their duty,” he said.

Congratulation to Densus 88!!

Mollank at 18:09 on 8 August 2009

BRAVO Densus 88..We love u fuelll….

Raka at 20:00 on 8 August 2009

DENSUS 88.,adalah pasukan khusus anti teror terbaik yang pernah di miliki oleh kepolisian Indonesia…detasemen burung hantu yang paling di segani…bravo

panji22 at 01:33 on 9 August 2009

bravo densus 88…
akhirnya kepolisian indonesia serius menangani teror di Indonesia, semoga indonesia menjadi tentram selalu..
buat para teroris udah dong ngebomnya, kasian kan yang gak bersalah jadi tewas..
salam panji anak sawah baru

ali at 12:50 on 28 August 2009

Hidup Densus 88!!!Saya dukung 100% pemerintah tolong alokasikan dana yg cukup untuk Densus…supaya teroris teroris di negara kita diberantas habiiis

miftahol rahman at 22:43 on 28 August 2009

merdeka DEN SUS 88 ANTI TEROR Maju terus tanpa mundur.
Saya mendukungmu

k-chong at 22:45 on 28 August 2009

gk usah dengarkan omongan org yang tidak bertanggung jawab. Tingkatkan perjuanganmu DEN SUS 88 antiteror. Sya dukung kinerjamu samapai u berhasil menangkan gembong NOOORDIN TOP Habis

guslim at 09:53 on 19 September 2009

bravo untuk densus 88

paijo at 05:16 on 24 December 2009

klo mau tangkap/matiin teroris ledakin aja rumahnya qiqiqiqiqiiqi g usah main brondong abis2 pelor aja hiihihihihihi atau densus takut mati

rajamiss at 04:36 on 20 January 2010

sepertinya itu ada yang foto kopasus ya .

prima at 05:32 on 11 March 2010

Mantap untuk Densus 88………..Cayoo…God Bless U ALL

NUR JAHAN at 19:55 on 15 March 2010

terorisme semakin gagah sja,sebenarnya itu mrk salah pengertian bahwa zaman sekrng bukan perang gunakn senjata.tapi sekarng pakai otak….heeeeeeeeeeeeeeeeeeeee………………

Yunus L. Noho at 21:41 on 17 March 2010

Saya salut kpda kapolri yang selalu memberikan semangat kpd anah buahnya.
hidup kapolri…?
tingkatkan selalu perjuanganmu.
damn hilangkan teroris yang da di indonesia.

Galang at 18:10 on 28 March 2010

Bravo DEN 88 AT… Sy pengen deh pindah ke DEN 88…!!!

Van Nofri at 05:12 on 25 April 2010

maju Terus Bang Arnold

dodi at 06:15 on 2 May 2010

habiskan . . kikis smua msuh2mu.

sari at 20:16 on 17 August 2010

GOD BLESS YOU ! Densus 88

stevandi at 10:04 on 23 August 2010

densus team elite yang punya taktik penyergapan yang ZiPp……………..salut buat DEN 88

goveia at 00:22 on 16 September 2010

aku suka picnyaaaaa

ullanktappatinting at 17:18 on 27 September 2010

mantaaaaaaappppp…burung hantu tunjukkan pd dunia,,gilazz para terorist

van nofri at 21:37 on 26 November 2010

sfwarungkopi tetap ok best the best heheheh

nina at 14:13 on 28 February 2011

mannntap benerrrrrrrrrrrrrrrrrr. dech angkat jempol ,,,,,,,,,,,,,,

jack at 22:13 on 5 April 2011

VIVA DENSUS 88 MAKE INDONESIAN SO PROUD

kmaster misterious at 12:16 on 13 April 2011

wow~ i love densus 88